Rabu, 19 Oktober 2016

TUGAS KEDUA LINGUISTIK



TUGAS KEDUA LINGUISTIK smt 1

Nama : Inas Aulia Salma
NIM    : A310160170
Prodi  : Pendidikan Bahasa Indonesia
Kelas  : D

Batasan-batasan linguistik
“Linguistik adalah ilmu bahasa.”
Verhaar, J.W.M. 1995. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Tugas halaman 5
1     1. Mengapa orang yang profesinya berkenaan dengan bahasa perlu mempelajari dan mempunyai pengetahuan tentang linguistik? Jelaskan!
ð  Karena linguistik akan memberi pemahaman kepada kita mengenai hakikat dan seluk-beluk bahasa sebagai satu-satunya alat komunikasi terbaik yang hanya dimiliki manusia, serta bagaimana bahasa itu menjalankan peranannya dalam kehidupan manusia bermasyarakat. 
2      2. Jelaskan yang dimaksud dengan:
a.       Lingua, berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘bahasa’.
b.      Linguistik, ilmu tentang bahasa; ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya.
c.       Linguis, yaitu sebutan untuk orang yang ahli dalam ilmu linguistik atau pakar linguistik
d.      Langue, berarti suatu bahasa tertentu; mengacu pada suatu sistem bahasa tertentu, seperti bahasa Inggris, bahasa Jawa, atau bahasa Jerman.
e.      Langage, berarti bahasa secara umum; sistem bahasa manusia secara umum.
f.        Parole, adalah bahasa dalam wujudnya yang nyata, yang konkret, yaitu yang berupa ujaran.
3.       3. Mengapa ilmu linguistik lazim disebut dengan nama linguistik umum? Jelaskan!
ð  Ilmu linguistik sering disebut linguistik umum (general linguistics). Artinya, ilmu linguistik itu tidak hanya mengkaji sebuah bahasa saja, seperti bahasa Jawa atau bahasa Arab, melainkan mengkaji seluk-beluk bahasa pada umumnya, bahasa yang menjadi alat interaksi sosial milik manusia, yang dalam peristilahan Prancis disebut langage.  Ada ciri-ciri yang universal, seperti itulah yang diteliti oleh linguistik. Maka karena itulah linguistik sering dikatakan bersifat umum; dan karena itu pula nama ilmu ini, linguistik, biasa juga disebut linguistik umum. Keumuman linguistik ini akan tampak dari contoh-contoh pembahasan yang diambil dari berbagai bahasa, bukan dari bahasa tertentu .
4     4. Sebutkan dan jelaskan ilmu-ilmu lain yang juga “mengambil” bahasa sebagai objek kajiannya!
ð   
-           Ilmu susastra, mendekati bahasa atau memandang bahasa sebagai wadah seni, sebagai sarana atau alat untuk mengungkapkan seni. Bahasa dilihat dan digunakan sebagai sarana menciptakan keindahan, yang halnya sama dengan garis dan warna dalam seni lukis, atau bentuk-bentuk dalam seni patung; atau bunyi dan nada dalam seni musik.
-          Ilmu sosial, mendekati dan memandang bahsa sebagai alat interaksi sosial di dalam masyarakat.
-          Psikologi, mendekati dan memandang bahasa sebagai gejala pelahiran kejiwaan.
-          Fisika, mendekati dan memandang bahasa sebagai fenomena alam, yakni sebagai gelombang bunyi yang merambat dari mulut pembicara ke telinga pendengar.
5     5. Sebagai pemula dalam studi linguistik, mengapa kita cukup mempelajari bidang linguistik yang hanya berkenaan dengan struktur internal bahasa itu saja? Jelaskan!
ð  Karena penyelidikan tentang bahasa dengan berbagai aspeknya dilakukan orang dengan sangat intensif, sehingga linguistik berkembang dengan sangat pesat, sangat luas, dan sangat mendalam. Maka dari itu, bagi pemula hanya dengan mempelajari bahasa berkenaan dengan struktur internalnya saja dirasa sudah cukup memadai.




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar